EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL

  • Windadari Murni Hartini Poltekkes Bhakti Setya Indonesia
Keywords: SIMRS, Kepuasan pengguna, Model End User Computing Satisfaction

Abstract

ABSTRAK

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) sangat berperan dalam penyimpanan data pasien baik data medis maupun non medis yang diolah menjadi informasi, dalam bentuk pelaporan untuk membantu pihak manajemen dalam menentukan keputusan dan kebijakan yang terkait dengan pelayanan rumah sakit. Tujuan Penelitian ini mengevaluasi tingkat kepuasan pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit menggunakan Model End User Computing Satisfaction di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian cross sectional. Sampel penelitian adalah pengguna SIMRS di RSUD Panembahan Senopati Bantul yang dipilih dengan metode  simple random sampling dengan jumlah sampel 91 responden. Analisis data menggunakan program komputer dengan Analisis Univariat dengan cara diskriptif dan analisis bivariat dengan uji statistik korelasi produck moment. Adapun derajad kepercayaan yang dipergunakan adalah 95% dan α = 0.05.

Hasil dari penelitian ini adalah tingkat persetujuan kinerja SIMRS berdasarkan unsur content sebesar 74,03%, unsur format sebesar 68,50%, unsur accuracy sebesar 68,24%, unsur timeliness sebesar 69,67%, dan unsur ease of use sebesar 71,39%. Tingkat kepuasan pengguna SIMRS sebesar 71,90%. Hasil uji korelasi antara kinerja SIMRS berdasarkan unsur-unsur End User Computing Satisfaction (EUCS) terhadap kepuasan pengguna SIMRS menggunakan pearson correlation didapatkan nilai korelasi sebesar 0,719 dan nilai signifikasi sebesar 0,000. Hasil determinasi (R2) pada regresi model summary diketahui sebesar 0,510 atau 51,0%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah tingkat persetujuan terhadap kinerja SIMRS dan tingkat kepuasan pengguna SIMRS di RSUD Panembahan Senopati Bantul belum mencapai 80% dari yang diharapkan, serta adanya hubungan yang signifikan antara kinerja SIMRS dengan kepuasan pengguna SIMRS.

Published
2019-04-27
How to Cite
Hartini, W. M. (2019). EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL. JURNAL ILMU KESEHATAN BHAKTI SETYA MEDIKA, 3, 30-42. https://doi.org/10.56727/bsm.v3i.32
Section
VOLUME 6 NOMOR 1 (2021)