Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pendaftaran Rawat Jalan Puskesmas Sayegan

Penulis

  • Ana dewi lukita sari politeknik kesehatan bhakti setya indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56727/bsm.v5i.73

Kata Kunci:

Kepuasan Pasien, Rawat Jalan, Mutu Pelayanan

Abstrak

Tingginya tingkat kepuasan pasien termasuk indikator fasilitas pelayanan kesehatan yang berkualitas. Dengan tingginya jumlah kunjungan di Puskesmas Seyegan peneliti ingin melihat kepuasan pasien berdasarkan mutu pelayanan.penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh mutu pelayanan dengan kepuasan pasien pada pelayanan pendaftaran rawat jalan di Puskesmas Seyegan Yogyakarta.

Penelitian dilakukan di Puskesmas Seyegan pada April-Mei 2020. Jenis penelitian ini yaitu analitik kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Insidental sebanyak 100 pasien. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi square.

Tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Seyegan masing-masing mayoritas berada pada kategori puas baik pada karakteristik jenis kelamin, umur, pendidikan, dan pekerjaan. Tingkat kepuasan pada pada dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty masing-masing termasuk dalam kategori puas dengan rata-rata skor kepuasan 77,45%. Perhitungan pengaruh mutu pelayanan dengan kepuasan pasien pada pelayanan pendaftaran rawat jalan di Puskesmas Seyegan menghasilkan p-value sebesar 0,000. Artinya terdapat pengaruh mutu pelayanan dengan kepuasan pasien pada pelayanan pendaftaran rawat jalan di Puskesmas Seyegan.

Diterbitkan

2020-11-22

Cara Mengutip

dewi lukita sari, A. (2020). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pendaftaran Rawat Jalan Puskesmas Sayegan. JURNAL ILMU KESEHATAN BHAKTI SETYA MEDIKA, 5, 1–15. https://doi.org/10.56727/bsm.v5i.73