Gambaran Kepuasan Pendonor Darah terhadap Pelayanan Petugas Seleksi Donor Darah di UDD PMI Kota Yogyakarta Tahun 2022
Gambaran Kepuasan Pendonor Darah terhadap Pelayanan Petugas Seleksi Donor Darah di UDD PMI Kota Yogyakarta Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.56727/bsm.v7i2.108Kata Kunci:
Kepuasan Pendonor, Petugas Seleksi Donor.Abstrak
Kepuasan pendonor adalah perasaan senang atau kecewa seseorang setelah membandingkan pelayanan petugas yang diberikan yang sesuai dengan harapannya. Kepuasan pendonor dalam kaitannya dengan pelayanan petugas seleksi donor dapat diukur berdasarkan 5 dimensi yaitu cepat tanggap (responsiveness), kehandalan (reliability), jaminan (assurance), perhatian (emphaty), dan penampilan fisik (tangible). Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menilai kepuasan pendonor darah terhadap pelayanan petugas seleksi donor berdasarkan dimensi cepat tanggap (responsiveness), kehandalan (reliability), jaminan (assurance), perhatian (emphaty), dan penampilan fisik (tangible).
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yaitu menggambarkan kepuasan pendonor darah terhadap pelayanan petugas seleksi donor di UDD PMI Kota Yogyakarta Tahun 2022. Sampel penelitian adalah pendonor darah di UDD PMI Kota Yogyakarta dengan metode accidental sampling dengan jumlah sampel 100 responden dan analisis data menggunakan program komputer dengan analisis univariat.
Berdasarkan data penelitian yang diperoleh bahwa didapatkan mayoritas hasil karakteristik pendonor darah berdasarkan jenis kelamin adalah pria yaitu sebanyak 75 orang (75%), berdasarkan umur pada kategori dewasa awal yaitu 25-44 tahun sebanyak 40 orang (40%), berdasarkan pendidikan terakhir adalah S1/S2/S3 sebanyak 48 orang (48%), dan berdasarkan pekerjaan adalah pegawai swasta sebanyak 31 orang (31%). Hasil penelitian tentang kepuasan pendonor darah terhadap pelayanan petugas seleksi donor di UDD PMI Kota Yogyakarta tahun 2022 didapatkan hasil bahwa persepsi kepuasan pendonor darah berdasarkan dimensi cepat tanggap (responsiveness) 90,06%, kehandalan (reliability) 91,54%, jaminan (assurance) 88,08%, perhatian (emphaty) 89,66%, dan penampilan fisik (tangible) 68,93%. Sehingga persentase rata-rata kepuasan pendonor darah terhadap petugas seleksi donor di UDD PMI Kota Yogyakarta tahun 2022 secara keseluruhan sebesar 85,80% dengan klasifikasi sangat puas.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta artikel dimiliki oleh Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Setya Medika.